Jamkesmas / Jamkesda

Jamkesmas / Jamkesda
43jamkesmas_2013

Bagi anda yang membutuhkan informasi tentang pengurusan kartu Jamkesmas, berikut adalah penjelasannya

1. Bahwa Pemerintah telah menetapkan program nasional pelayanan kesehatan masyarakat miskin/tidak mampu yaitu Jamkesmas.
Sasaran program Jamkesmas adalah penduduk miskin dan tidak mampu yang secara nasional untuk tahun 2013 sebanyak 86,4 juta jiwa.

2. Data peserta sebanyak 86,4 juta jiwa diperoleh dari TNP2K yang merupakan hasil PPLS tahun 2011 yang dilakukan oleh BPS dan sudah berdasarkan nama dan alamat (by name by address).

3. Jumlah data peserta sebanyak 86,4 juta tersebut sudah terdistribusi ke seluruh Kabupaten/Kota yang dijadikan sebagai kuota sehingga jumlahnya tidak bisa berubah.

4. Dalam masa distribusi kartu, Pemerintah Kabupaten/Kota masih dapat mengajukan usulan calon peserta pengganti sesuai ketentuan yang ada.

5. Bagi yang membutuhkan kartu Jamkesmas karena penduduk miskin/tidak mampu dan sedang menderita sakit yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa mengajukan
permohonan ke Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat untuk didaftarkan dan diusulkan sebagai calon peserta pengganti.
peserta tidak bisa lang ng mengajukan kartu Jamkesmas kepada Menteri Kesehatan.

6. Apabila masih terdapat penduduk yang tidak masuk dalam kuota peserta Jamkesmas tersebut, maka menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten/Kota
untuk menjadikan sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).
Kewenangan untuk besarnya jaminan kesehatan pasien Jamkesda menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota setempat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Jamkesda dan Jamkesmas dapat menghubungi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat. Sedangkan layanan informasi dan pengaduan Kementerian Kesehatan dapat menghubungi Halo Kemkes pada nomor (kode lokal) 500567 atau informasi Jamkesmas dapat menghubungi Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Gedung Prof. Dr. Sujudi Lantai 14 Jl. Hr. Rasuna Said Blok X-5 Kav. 4-9 Kuningan Jakarta Selatan 12950 Telepon (021) 5221229, 5277543.